Contoh-contoh Kalimat penalaran dan Kalimat Argumentasi

Nama      :Dede nursidik

Npm        :10208311

Kelas      :3EA03

Artikel 1

Prospek Mobile Wallet Sangat Besar

Senin, 28/02/2011 – 14:57

BANDUNG, (PRLM).- Pada 2014 penetrasi pengguna mobile wallet diprediksi akan mencapai 20 persen pengguna telefon seluler (ponsel). Saat itu transaksi yang menggunakan media ponsel diperkirakan akan semakin marak.

“Prospek dari mobile wallet sangat besar. Saat ini operator seluler memang masih dalam tahap peletakan dasar,” ujar Division Head Value Added Service PT Indosat, Tbk. Indra Lestiadi, dihubungi “PRLM”, Senin (28/2).

Menyongsong masa tersebut, menurut dia, Indosat telah melakukan sejumlah persiapan, termasuk menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak. Pada kuartal kedua ini Indosat berencana merilis pengembangan kerja sama mobile wallet untuk pengiriman uang dengan Timur Tengah, Malaysia, dan Hongkong.

“Ini untuk menyasar TKI yang selama ini mencatat posisi tertinggi dari segi kuantitas pengiriman uang. Keuntungan operator yang menyediakan layanan mobile wallet kan bukan dari volume transaksi, tapi dari jumlah transaksi,” katanya.

Saat ini, menurut Indra, jumlah pelanggan Indosat yang sudah menggunakan layanan mobile wallet Dompetku baru mencapai 150.000. Ditargetkan, pada akhir tahun, jumlah pelanggan Indosat yang sudah mengakses layanan tersebut mencapai 1 juta orang.

Sumber artikel: http://www.pikiran-rakyat.com/node/136660

Berdasarkan artikel di atas,maka :

Kalimat penalaran       : jumlah pelanggan Indosat yang sudah menggunakan layanan mobile wallet Dompetku baru mencapai 150.000

Argumentasi                : Pada 2014 penetrasi pengguna mobile wallet diprediksi akan mencapai 20 persen pengguna telefon seluler (ponsel).

 

Artikel 2

Perajin Tuntut Penataan Kota Ulang Sentra Kerajinan Rajapolah

Selasa, 01/03/2011 – 00:52

TASIKMALAYA, (PRLM).- Perajin handycraft Rajapolah menuntut adanya penataan kota ulang terhadap sentra kerajinan Rajapolah, Kec. Rajapolah, Kab. Tasikmalaya. Selama ini, pusat promosi yang berada di perbatasan Kabupaten dan Kota Tasikmalaya itu dinilai kurang diketahui banyak orang sehingga pusat kerajinan Rajapolah hanya menjadi jalur lalu lalang kendaraan.

Demikian diungkapkan Apong Rosida, salah seorang koordinator para pedagang kerajinan di Pusat Promosi dan Pemasaran Kerajinan Rajapolah, Senin (28/2). Menurut dia, penataan kota tersebut merupakan hasil evaluasi para pedagang sekitar.

“Apa saja yang perlu dibenahi? Yaitu di penataan kota. Belum ada reklame yang memberitahu keberadaan sentra promosi dan pemasaran kerajinan Rajapolah itu. Para pendatang butuh petunjuk. Selain itu, lampu-lampu di jalan juga masih kurang,” katanya.

Menurut dia, sangat disayangkan apabila produksi kerajinan mereka tidak diketahui oleh masyarakat banyak. Saat ini, di Rajapolah setidaknya terdapat ratusan pengrajin. Omset mereka secara normal bisa mencapai Rp 10 juta per hari. Apabila hal itu bisa dibantu dengan penataan kota, maka omset bisa meningkat dan tenaga kerja mereka bisa lebih terbantu.

Selain meminta penataan kota, Apong pun mengharapkan pemerintah memberikan pelatihan untuk mendisain kerajinan mereka. “Disainer itu perlu untuk mutu dan disain model. Selama ini belum pernah ada pelatihan untuk mendisain. Kami setidaknya butuh bantuan dari ITB dan kami pun mulai merintis belajar mendisain ke Jakarta,” kata ibu 42 tahun itu.

Menurut Apong, produk-produk pengrajin saat ini perlu inovasi untuk mendongkrak disain yang sudah ada. “Kami perlu, karena kerajinan banyak. Sebulan ada 50 item,” ujar pemilik Agisha dan Kitri colecction.

Sumber:http://www.pikiran-rakyat.com/node/136725

Berdasarkan artikel di atas,maka :

Kalimat penalaran       : . Kami setidaknya butuh bantuan dari ITB dan kami pun mulai merintis belajar mendisain ke Jakarta,” kata ibu 42 tahun itu

Argumentasi                : . Omset mereka secara normal bisa mencapai Rp 10 juta per hari.

 

 

Artikel 3

Utilisasi Layanan Data Internet Masih Rendah

Senin, 28/02/2011 – 16:04

BANDUNG, (PRLM).- Walaupun pertumbuhannya terus menanjak, utilisasi layanan data internet operator seluler di Jabar masih rendah. Menurut General Manager Network PT XL Axiata Central Region, Hasan Badri, dengan pertumbuhan pengguna hingga dua kali lipat, utilisasi yang sudah digunakan baru sekitar 10 persen.

“Utilisasi yang sudah digunakan baru 10 persen, tapi ini fluktuatif. Kalau sedang ada promo seperti Facebook gratis, utilisasinya pasti tinggi. Begitu stop, turun drastis,” ujarnya di Bandung, baru-baru ini.

Padahal, menurut dia, sepanjang tahun lalu pertumbuhan trafik dan pengguna layanan data di wilayahnya mencapai 200 persen. Menurut dia, angka tersebut dibarengi pertumbuhan pelanggan bulanan sekitar 20 persen.

Menurut Vice President XL Central Region, Kencono Wibowo, dari jumlah tersebut diprediksi hanya 10 persennya yang mengakses internet menggunakan smartphone. Sebagian menggunakan ponsel low end yang sudah berfasilitas internet. Kondisi itulah yang mendorong XL merilis paket layanan internet terbaru, Rp 20 ribu per bulan. “Layanan ini untuk menangkap pasar pengguna mobile internet yang tidak menggunakan smartphone. Potensinya sangat besar,” kata Kencono.

Untuk menunjang program tersebut sekaligus mengantisipasi pertumbuhan trafik, tahun ini XL Central Region akan menambah 1.300 BTS, yang 400 diantaranya diproyeksikan di Jabar. Total, hingga akhir Desember 2010 XL Central Region sudah memiliki 4.700 BTS, yang 1.600 diantaranya berada di Jabar.

Berdasarkan data versi IDC, PT Telkom, dan Nokia Siemens Network, grafik pertumbuhan pengguna internet di Indonesia naik secara eksponensial, dengan rata-rata pertumbuhan 5,7 juta per orang per tahun. Angka tersebut menanjak seiring dengan pertumbuhan pengguna jejaring sosial yang menjadi pendorong kuat pertumbuhan internet di tanah air.

Pada 2006 pengguna internet di Indonesia hanya mencapai 20 juta. Angka tersebut naik menjadi 25 juta pada 2007, 31 juta (2008), 40,4 juta (2009), dan48,7 juta pada akhir tahun 2010 lalu. Sebagian besar pengguna mengenal internet melalui telepon seluler (ponsel). (A-150/A-147)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/136666

Berdasarkan artikel di atas,maka :

Kalimat penalaran       : . sepanjang tahun lalu pertumbuhan trafik dan pengguna layanan data di wilayahnya mencapai 200 persen.

Argumentasi                : Menurut Vice President XL Central Region, Kencono Wibowo, dari jumlah tersebut diprediksi hanya 10 persennya yang mengakses internet menggunakan smartphone

 

 

 

Artikel 4

BI Siapkan Rp 5 Triliun di Bandung

Selasa, 17/08/2010 – 01:09

BANDUNG, (PRLM).- Penukaran uang pecahan di Bandung selama bulan Ramadan dan menghadapi Lebaran 2010 mendatang diperkirakan mencapai Rp 5 triliun. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Sistem Pembayaran KBI Bandung, Ari Lajiji di Bandung, Senin di Bandung.

Jumlah itu menurut Ari, merupakan peningkatan dibandingkan dengan penukaran yang terjadi tahun lalu. “Pada Lebaran 2009 lalu realisasi penukaran uang hanya Rp.2 trilyun, tahun ini diperkirakan meningkat signifikan,” kata Ari.

Pecahan yang paling diminati adalah, Rp 2.000 disamping uang baru Rp1.000 dan Rp 10.000, di samping pecahan Rp50.000, Rp20.000 dan Rp 5.000.

Dijelaskan, tahun ini penukaran uang akan dilakukan lewat kerja sama dengan sembilan bank. “Dengan demikian antrean panjang di BI akan bisa dihindari,” kata Ari. (A-26)***

 

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/120075

Berdasarkan artikel di atas,maka :

Kalimat penalaran       : Saat ini, menurut Indra, jumlah pelanggan Indosat yang sudah menggunakan layanan mobile wallet Dompetku baru mencapai 150.000.

Argumentasi                : Pada kuartal kedua ini Indosat berencana merilis pengembangan kerja sama mobile wallet untuk pengiriman uang dengan Timur Tengah, Malaysia, dan Hongkong.

 

 

 

Artikel 5

Pengusaha Kayu Unjuk Rasa di Perhutani

Rabu, 29/09/2010 – 13:59

 

EVIYANTI/”PRLM”

PARA pengusaha kayu di Banyumas mengeluhkan praktik pungutan liar (pungli). Mereka akhirnya menggelar unjuk rasa dengan mendatangi Perhutani.*

PURWOKERTO, (PRLM).- Jengkel terhadap praktik pungutan liar (pungli) yang mencekik leher, seratusan pengusaha kayu yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Kayu Banyumas (Aspekmas), berunjuk rasa ke Kantor Pelayanan Pemasaran Kayu KBM (Kesatuan Bisnis Mandiri) Perhutani Banyumas Timur di Purwokerto Rabu (29/9).

Para pendemo, menuntut oknum yang meminta setoran dipindah dari Kantor Pelayanan Pemasaran Kayu KBM setempat. Mereka juga memprotes perlakuan istimewa pada kalangan broker kayu yang memberikan fee lebih besar serta membersihkan kantor tersebut dari praktik korupsi.

Dalam aksi di halaman depan kantor KBM Purwokerto tersebut, pengunjuk rasa menggelar mimbar bebas sambil mengusung poster yang berisi tuntutan penghapusan praktik monopoli dan korupsi. Aksi baru berakhir, setelah wakil pengusaha tersebut diterima Asisten Manajer Pemasaran KBM, Dri Pranoto.

“Praktik korupsi di lingkungan Kantor Pelayanan Pemasaran Kayu KBM setempat sudah mencekik leher. Tanpa fee yang sudah ditentukan jumlahnya jangan harap kita bisa mendapat pelayanan semestinya. Sehingga tidak heran tidak sedikit pengusaha kayu yang bangkrut karena tidak bisa melayani pungutan oknum di Perhutani ” kata Ketua Aspekmas, Dwi Prasetyo di tengah aksi demo ….

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/123501

Berdasarkan artikel di atas,maka :

Kalimat penalaran       : Sehingga tidak heran tidak sedikit pengusaha kayu yang bangkrut karena tidak bisa melayani pungutan oknum di Perhutani ” kata Ketua Aspekmas, Dwi Prasetyo di tengah aksi demo

Argumentasi                : Para pendemo, menuntut oknum yang meminta setoran dipindah dari Kantor Pelayanan Pemasaran Kayu KBM setempat.

 

Contoh-contoh Kalimat penalaran dan Kalimat Argumentasi

Kalimat penalaran :

  1. Beras organic termasuk kedalam beras yang bebas dari bahan kimia

Tergolong sangat menyehatkan tubuh.

  1. Tumbuhan jahe bisa di buat untuk jamu
  2. Hewan cacing bisa berguna untuk penyembuhan penyakit tipes
  3. Beras organic lebih mahal dari beras-beras biasa yang di jual di pasar
  4. Tahun 2011 cabe melesat naik harganya

 

Kalimat Argumentasi  :

  1. Sayur kangkung terkadang bias membuat orang menjadi mengantuk
  2. Kebanyakan orang menyukai kacang rebus
  3. Meroko kata sebagian Ulama haram hukumnya
  4. Tahun 2012 di bilang tahun yang sangat menakutkan di karnakan terjadinya KIAMAT
  5. Untuk tahun 2014 beras organic melesat tinggi harganya di bandingkan dengan beras biasa
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s