tugas bahasa indonesia-penalaran dan induktif

Pengertian Paragraf Generalisasi

Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili
contoh paragraf generalisasi Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Ketika manusia itu meraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan, sifatnya akan menjadi rendah hati dan dermawan. Begitu pula dengan padi yang semakin berisi, ia akan semakin merunduk. Apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak.
Membaca Paragraf Analogi
Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Ketika manusia itu meraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan, sifatnya akan menjadi rendah hati dan dermawan. Begitu pula dengan padi yang semakin berisi, ia akan semakin merunduk. Apabila padi itu kosong, ia akan berdiri tegak.

Lanjutan Contoh Paragraf Analogi
Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan, ia akan sombong dan garang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.

Pengertian Paragraf Analogi

Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan.

Membaca Paragraf Sebab Akibat
Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagi penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.

Pengertian Paragraf Sebab Akibat

Paragraf hubungan sebab akibat adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.
Membaca Paragraf Akibat Sebab
Hasil panen para petani di Desa Cikaret hampir setiap musim tidak memuaskan. Banyak tanaman yang mati sebelum berbuah karena diserang hama. Banyak pula tanaman yang tidak berhasil tumbuh dengan baik.
Bukan itu saja, pengairan pun tidak berjalan dengan lancar dan penataan letak tanaman tidak sesuai dengan aturannya. Semua itu merupakan akibat dari kurangnya pengetahuan para petani dalam pengolahan pertanian.

Pengertian Paragraf Akibat Sebab

Paragraf hubungan akibat sebab adalah paragraf yang dimulai dengan fakta khusus yang menjadi akibat, kemudian fakta itu dianalisis untuk diambil kesimpulan.

Membaca Paragraf Sebab – Akibat 1 Akibat 2
Baru-baru ini petani Cimanuk gagal panen karena tanaman padi mereka diserang hama wereng. Peristiwa ini menelan kerugian ratusan juta rupiah. Selain itu, distribusi beras ke kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung terganggu.

Contoh Paragraf Sebab Akibat 1 Akibat 2
Pasokan beras di pasar tradisional pun semakin lama semakin menipis sehingga masyarakat kesulitan mendapatkan beras. Hal ini mendorong pemerintah untuk melakukan impor beras dari negara tetangga dengan harapan masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan pangannya selama menunggu hasil panen berikutnya.

Pengertian Paragraf Sebab Akibat 1 Akibat 2

Dalam paragraf hubungan sebab akibat 1 akibat 2, suatu penyebab dapat menimbulkan serangkaian akibat. Akibat pertama berubah menjadi sebab yang menimbulkan akibat kedua. Demikian seterusnya hingga timbul beberapa akibat.

http://duniaparagraf-duniaparagraf.blogspot.com/

Hipotesis kedua adalah bahwa rilis dipercepat obat dari mikrosfer, yang dapat dijelaskan oleh model matematis, akan membantu dalam prediksi rilis real-time. Tujuan untuk mencapai hal ini hipotesis yang dicapai seperti dijelaskan dibawah. Tujuan pertama adalah untuk memilih metode yang sesuai untuk belajar di rilis in vitro peptida dari mikrosfer biodegradable. Sebuah pencarian komprehensif literatur mengungkapkan kerugian dari metode yang ada yang mengharuskan metode pengembangan. Sebuah metode dialisis baru ini dikembangkan menggunakan dialyzer tersedia secara komersial dan difusi peptida pada suhu yang bervariasi dan buffer berbeda dipelajari. difusi Peptida adalah cepat pada suhu belajar tanpa mengikat terdeteksi pada membran dialisis memungkinkan penilaian pelepasan ledakan awal dari mikrosfer peptida-load. Keuntungan lain dari dialyzer adalah kemudahan set-up dan sampling dan juga, reusability dari membran, yang membuat biaya-efektif. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk mempercepat pelepasan peptida dari mikrosfer dan berkorelasi dengan rilis real-time pada 37 ° C dalam 0,1 M fosfat buffered saline (PBS) pH 7,4 menggunakan metode dialisis

Penelitian yang dilakukan Dr David Feldman dari universitas  California pada mencit. Penelitian itu membuktikan bahwa vitamin D dalam dosis biasa dapat memperlambat, bahkan dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker prostat. Hasil penelitian tersebut mendukung bukti epidemiologis yang menunjukkan bahwa pria dengan cadangasel-sel prostatn vitamin D dalam tubuh rendah beresiko lebih besar terjangkit kanker prostat.

Percobaan-percobaan terdahulu menunjukkan bahwa sel-sel prostat , baik yang normal maupun sel tumor, mempunyai reseptor terhadap vitamin D yang memungkinkan sel-sel itu memberi respon atau mengikat vitamin tersebut. Jika vitamin D tertangkap oleh reseptor itu, maka sel-sel tidak lagi dapat membelah diri terus-menerus secara abnormal, sehingga tumor tidak terbentuk, kata Dr Feldman.

Beberapa penelitian sebelumya segaris dengan penelitian Feldman. Salah satu diantaranya adalah penelitian di Universitas Duke di Durham, yang menyimpulkan bahwa tingkat kandungan vitamin D dalam tubuh dapat dipakai untuk memperkirakan risiko seorang pria terjangkit kanker prostat. Kandungan vitamin D dalam darah pada hampir 200 pria yang didiagnosa mengidap kanker prostat memang lenbih rendah secara signifgikan dibanding pada  pria-pria berusia sama yang tidak meiliki kanker prostat.

Percobaan lain menunjukkan bahwa kaum pria yang kurang terpapar radiasi ulatraviolet (UV), beresiko lebih besar terjangkit kanker protat.  Radiasi UV adalah sumber utama vitamin D. kenyataan ini mendukung hipotesis bahwa kadar vitamin D yang rendah membuat pria rentan terhadap kanker di sistem reproduksi ini.

http://eniharyanti.com/kanker/vitamin-d-dapat-mencegah-kanker-prostat/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s