Tugas kuliah Berinovasi ( Kewirausahaan )

Nama : Dede Nursidik
Npm : 10208311
Kelas : 4ea03
Mata Kuliah : Kewirausahaan
Berinovasi
MEMBUAT PERANGKAP HAMA ( LALAT BUAH ) DENGAN MENGGUNAKAN BEKAS BOTOL AIR MINERAL YANG SUDAH TIDAK DIPAKAI
Dari dulu sampai sekarang orang-orang khususnya petani yang pekerjaannya bertani seperti mananam padi, sayuran-sayuran dalam menanggulangi serangan hama mereka memakai obat dari produk KIMIA, sperti SCORE, FASTAC.
Sekarang tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk pergi ke toko obat, membeli obat untuk menanggulangi serangan hama, tetapi dengan cara yang praktis kita bisa membuat perangkap hama ( lalat buah ), contoh biasanya kalau kita menanam sayuran seperti cabe belum waktunya dipanen tetapi cabenya sudah busuk, dan juga belum waktunya panen cabe tersebut berguguran jatuh karena sudah terserang hama yang disebut dengan lalat buah.
Cara membuat perangkap hama dengan menggunakan bekas botol air mineral yang sudah tidak dipakai diantaranya sebagai berikut :
1. Sediakan bekas botol air mineral 3 yang besar lebih bagus
2. Pisau
3. Bambu
4. Tali rapia
5. Sisa makanan ( ikan asin, biasa juga dengan bangkai hewan cicak
Dari kedua botol air mineral tersebut di potong di bagian depannya yang ada tutup botolnya, sedangkan 1 botol lagi bagian depan dan belakangnya di potong. Setelah ketinganya sudah dipotong dibentuklah perangkap didalam perangkap tersebut di dalamnya di kasih ikan asin atau bankai dari cicak. Setelah itu diikat dengan tali rapia,diikatkan kebambu lalu ditancapkan di dekat tanaman cabe, kenapa di dalam perangkap tersebut dikasih ikan asin atau bangkai supaya hama ( lalat buah ) tersebut mencium baunya sehingga hama masuk perangkap.
Dengan cara seperti ini kita bisa hidup ramah lingkungan tanpa menggunakan obat bedaur kimia yang di gunakan para petani.Praktek seperti ini sudah di praktekan oleh KSP. Berkah Family sebagai mana mestinya memakai pupuk organik tanpa sedikitpun menggunakan KIMIA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s